RESENSI BUKU "MILIARAN KELUARBIASAAN OTAK KITA"

RESENSI BUKU
MILIARAN KELUARBIASAAN OTAK KITA



Identitas Buku:
1.         Judul                                : Miliaran Keluarbiasaan Otak Kita
2.         Nama Pengarang             : As’adi Muhammad
3.         Penerbit                           : FlashBooks, Jogjakarta
4.         Tahun Terbit                    : 2010
5.         Tebal Buku                      : 182 halaman
6.         Ukuran Buku                   : 14 x 20 cm
7.         Jenis Kertas                     : HVS
8.         Harga Buku                     : Rp30.600,00
            Buku “Miliaran Keluarbiasaan Otak Kita” yang ditulis oleh As’adi Muhammad menjelaskan tentang dahsyatnya fungsi otak serta menyingkap berbagai ragam misteri dalam otak manusia. Otak manusia merupakan organ yang paling kompleks yang pernah kita miliki dan satu-satunya organ yang sangat berkembang, sehingga dapat mempelajari dirinya sendiri. Setiap manusia pasti dibekali dengan jumlah otak yang sama banyak. Otak manusia terdiri dari satu triliun sel otak yang di dalamnya terdapat potensi yang harus kita kembangkan Otak kita memiliki lima bagian utama, yaitu otak besar, otak tengah, otak kecil, sumsum sambung dan jembatan varol. Selain itu, jika dilihat dari belahannya otak manusia terdiri dari dua bagian yang bertanggungjawab terhadap kecerdasan manusia. Bagian-bagian otak tersebut adalah otak kiri dan otak kanan. Baru-baru ini diketahui bahwa bukan hanya otak kiri dan otak kanan saja yang berperan dalam kecerdasan manusia tetapi otak tengah juga memiliki peranan yang luar biasa. Otak kiri merupakan bagian otak yang berkaitan dengan IQ (Intelligence Quotient) manusia. IQ ini meliputi kemampuan untuk perhitungan, membaca, menulis, logika, analisis dan memformulasikan pembicaraan. Sementara itu, otak kanan merupakan bagian otak yang berkaitan dengan EQ (Emotion Quotient). Otak kanan mengembangkan sisi personalitas, kreativitas, kemampuan panggung, seni, kemampuan penerapan, perasaan dan emosi serta visualisasi. Otak tengah sebenarnya merupakan belahan otak yang sangat penting dalam segala hal, termasuk dalam kecerdasan otak. Namun, pada kenyatannya otak tengah ini banyak didiamkan atau tidak digunakan, sehingga otak tengah yang seharusnya memberi manfaat untuk kehidupan tidak diketahui sama sekali bagaimana mengendalikannya. Tapi di balik itu, otak tengah memiliki peran sebagai penyeimbang antara otak kiri dan kanan. Selain itu, kecerdasan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan Spiritual (SQ), dan kecerdasan emosional (EQ). Selanjutnya terdapat kecerdasan majemuk yang merupakan pengembangan dari pengelompokan kecerdasan di atas. Kecerdasan majemuk terbagi menjadi sembilan yaitu kecerdasan musikal, kinestetik (kemampuan menari), visual-spasial (kemampuan menggambar, mengeskpresikan sesuatu dalam bentuk  lukisan), logis-matematis, interpersonal (personal), intrapersonal (berpikir refleksi), linguistik (menggunakan bahasa), naturalis, dan spiritual. Sebenarnya kecerdasan spiritual merupakan temuan riset terbaru dalam bidang kecerdasan, melengkapi temuan-temuan sebelumnya yaitu kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Kecerdasan spiritual menjadi landasan yang diperlukan untuk mengoptimalkan IQ dan EQ secara menyeluruh.   

            Buku ini menjelaskan begitu banyak keluarbiasaan otak manusia dan bagian-bagiannya. Pembahasan dalam buku ini menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami sehingga menjadikan buku ini menarik untuk dibaca. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar ilustrasi untuk memperjelas pembahasan. Namun, sayangnya dalam buku ini terdapat penjelasan yang diulang kembali sehingga menjadikan pemborosan kalimat. Selain itu, pencantuman nama website dalam pembahasan cukup menggangu pembaca serta tidak tersedianya glosarium untuk memudahkan pembaca mencari istilah asing.

            Otak manusia memiliki miliaran sel yang di dalamnya terdapat banyak bagian-bagian dan fungsi otak yang belum kita ketahui. Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui fakta dan potensi tersembunyi dalam otak manusia. Selain itu, di dalam buku ini juga terdapat pembahasan klasifikasi kecerdasan serta bagaimana pengoptimalan otak dengan baik.

                                                                                                
                                                                                                      



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.